Home » » Tutorial membuat foto efek tilt-shift (blur)

Tutorial membuat foto efek tilt-shift (blur)



belajar photoshop
Apa itu tilt-shift ? tilt-shift adalah fotografi yang memanfaatkan kamera medium format yang bisa membengkokkan perspektif atau menggunakan lensa berjenis perspective control. Karena jenis kamera dan lensa ini terbilang mahal dan jarang di pasaran, kita akan meniru efek tilt-shift menggunakan Photoshop. Biasanya, efek tilt-shift akan membuat foto kita tampak seperti miniatur dari sebuah lokasi, dengan memanfaatkan ruang tajam yang sempit. Penasaran? langsung saja.

Tutorial


STEP 1
Pilih gambar yang anda inginkan, untuk tutorial kali ini kita menggunakan foto sample berikut,klik gambar untuk ukuran asli kemudian simpan di komputer anda dan buka dengan photoshop foto tersebut.
membuat efek photoshop


STEP 2
Setelah anda buka foto tadi aktifkan Quick Mask Mode (saya menggunakan photoshop CS5), tapi anda bisa menggunakan versi photoshop versi apa saja baik di Windows/Mac). Untuk mengaktifkan Quick Mask Mode, pencet tombol Q di keyboard, atau aktifkan melalui toolbar disamping kiri (lihat gambar di bawah)
2012-05-28-olah-digital-fotografi-001


STEP 3
Langkah selanjutnya adalah memilih Gradient Tool.Untuk memilih gradient tool, tekan tombol G, atau aktifkan melalui mouse (lihat gambar), pastikan anda sudah mengaktifkan gradient dan bukan paint bucket (cek di tool bar samping). Lalu pada pilihan gradien, pilih opsi Reflected Gradient (ikon keempat diatas – lihat gambar)
2012-05-28-olah-digital-fotografi-002


STEP 4
Membuat Garis Vertikal. Untuk menentukan area mana yang akan dibikin tajam, buatlah garis dengan menarik mouse anda dari bawah ke atas, dalam foto ini saya menarik garis pendek seperti dibawah ini. Titik awal adalah pusat fokus sementara titik akhir garis anda akan menjadi awal batas blur:
2012-05-28-olah-digital-fotografi-003


STEP 5
Lihat Area Masking. Setelah anda melepas mouse, akan terlihat area yang berwarna merah, area ini akan menjadi area tajam sementara area yang tidak berwarna merah akan terlihat blur nantinya, pastikan area sudah sesuai keinginan anda, kalau belum anda bisa mengulangi langkah nomor 4.
membuat efek blur
STEP 6
Langkah selanjutnya,Kembali ke Mode Normal. Untuk keluar dari mode masking dan kembali ke mode normal, tekan  tombol Q lagi. Setelah anda menekan tombol Q, akan terlihat ada garis putus-putus di foto (marching ants).2012-05-28-olah-digital-fotografi-005

STEP 7
Pakai Filter Lens Blur.Pilih dengan urutan sebagai berikut: Filter > Blur > Lens Blur.
2012-05-28-olah-digital-fotografi-006
STEP 8
Ubah Parameter Lens Blur Jika Perlu. Foto kita akan tampak seperti dibawah ini, anda bia memakai setting default lalu tekan OK, atau anda juga bisa mengubah-ubah besaran di settingan sebelah kanan lalutekan OK.tutorial tilt shift

STEP 9
Menghilangkan Seleksi ,Setelah anda selesai dengan preview lens blur dan menekan Ok di langkah (8), sekarang foto akan kembali ke halaman utama photoshop. tekan Ctrl+D (windows)  untuk menghilangkan garis seleksi (marching ant). Selanjutnya kita akan melakukan beberapa editing tambahan supaya foto makin tampak bagus.
Untuk menambahkan saturasi kedalam foto, pencet Ctrl+U atau Image > Adjustment > Hue/Saturation:2012-05-28-olah-digital-fotografi-008kemudian sesuaikan nilai saturationnya seperti berikut : 2012-05-28-olah-digital-fotografi-009



STEP 9
Edit Lanjutan: Kurva ,Curve adjustment saya lakukan untuk menambah kontras dan memperbaiki tonal foto secara keseluruhan. Untuk melakukan curve adjustment, tekan Ctrl+M. Ubah setelan kurva, agar kontras dan tonal makin bagus saya ubah kurva menyerupai huruf-S. Setelah selesai klik OK.2012-05-28-olah-digital-fotografi-010
Hasil akhir-nya foto yang meniru efek tilt-shift menggunakan kamera dan lensa perspective control yang menyerupai miniatur seperti foto di bawah ini .tutorial membuat foto blur
selamat mencoba!! :c: mungkin anda juga ingin membaca  tutorial mengubah foto menjadi kartun
Description: Tutorial membuat foto efek tilt-shift (blur) Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Tutorial membuat foto efek tilt-shift (blur)
Share this article :

Berikan Komentar :)

KET :
1.Jika ingin menyisipkan Gambar <i rel="image">URL Gambar</i>
2.Jika ingin menyisipkan Kode <i rel="pre">Kode Anda</i>
3.jika ingin menyisipkan ,<b>teks tebal</b> <i>teks miring</i>
Note :
Untuk mengetahui balasan dari saya lewat email silahkan klik subcribe by email di bawah ini .Last NO SPAM Live Link
Konversi kode HTMLEmoticonTop Komentator

Back to Top