Home » , » Cara mengatur komputer shutdown otomatis

Cara mengatur komputer shutdown otomatis



Sibuk dengan pekerjaan misalnya pekerjaan di depan komputer,sampai-sampai sering ketiduran dan gak sempat mematikan komputer...nah untuk itu di kesempatan kali ini saya akan tunjukkan cara agar komputer atau laptop kesayangan kita bisa "ketiduran" dengan menambahkan perintah auto shutdown.jadi gak perlu lagi taku komputernya ON semaleman :c:

Berikut caranya :


  • # Step 1: Buka Task Scheduler

task scheduler 



Buka Start Menu, lalu ketik Task Scheduler, klik shortcut untuk membuka aplikasi. Untuk yang malas mengetik, Task Scheduler bisa diakses di Start Menu - Accessories - System Tools - Task Scheduler.

  • #Step 2: Buat Task Baru

Pada menu Actions di sebelah kanan, pilih Create Task... Setelah itu akan muncul window Create Task. Masukkan Auto Shutdown sebagai nama pada window Create Task.




  • #Step  3: Tambahkan Trigger

Masih di dalam window Create Task. Saatnya beralih ke Tab Triggers. Klik New... untuk membuat trigger baru. Di sini yang akan dibuat adalah waktu pengaktifan task auto shutdown. Pilih On a schedule untuk Begin the task. Lalu pilih Daily agar task ini berulang setiap hari, atau jika ingin seminggu atau sebulan sekali bisa pilih yang lain (tapi saya rasa lebih baik setiap hari :p). Biasanya saya suka tertidur sebelum jam 12 malam, jadi saya aktifkan auto shutdown jam 1 pagi. Oleh karena itu saya pasang 1:00:00 AM pada Start. Jika sudah selesai setting tekan OK.


  • # Step  4: Tambahkan Action

Waktunya beralih ke Tab Actions. Di sini apa yang ditambahkan adalah perintah untuk shutdown. Pilih Start a program untuk Action. Ketikkan shutdown pada Program/script. Lalu tambahkan /s /t 45 pada Add arguments. Angka 45 setelah argumen /t maksudnya adalah akan ada countdown selama 45 detik sebelum komputer melakukan proses shutdown. Silahkan ganti angka itu sesuai selera, misalkan 30 detik atau 60 detik. Setelah selesai tekan OK.


 cukup itu saja yang perlu dilakukan untuk membuat auto shutdown. Cukup mudah bukan? Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, maka setiap memasuki waktu auto shutdown akan muncul seperti gambar window di bawah.


Semoga tips di atas membantu dan bermanfaat :c:
Description: Cara mengatur komputer shutdown otomatis Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Cara mengatur komputer shutdown otomatis
Share this article :

Berikan Komentar :)

KET :
1.Jika ingin menyisipkan Gambar <i rel="image">URL Gambar</i>
2.Jika ingin menyisipkan Kode <i rel="pre">Kode Anda</i>
3.jika ingin menyisipkan ,<b>teks tebal</b> <i>teks miring</i>
Note :
Untuk mengetahui balasan dari saya lewat email silahkan klik subcribe by email di bawah ini .Last NO SPAM Live Link
Konversi kode HTMLEmoticonTop Komentator

Back to Top