Home » » Mengatur waktu daya batrai laptop agar akurat (kalibrasi)

Mengatur waktu daya batrai laptop agar akurat (kalibrasi)



CaraYangBenarKalibrasiBateraiLaptopAnda_002
Mengatur waktu daya batrai agar akurat atau bisa di sebut dengan Kalibrasi, kalibrasi merupakan proses penyesuaian bahwa suatu alat ukur sesuai dengan rancangannya. Tujuan melakukan kalibrasi baterai laptop yaitu untuk mendapatkan indikator yang tepat pada tampilan monitor dengan daya asli yang dimiliki sebuah baterai. Atau untuk menjaga ke akuratan daya baterai agar tetap akurat.
Proses kalibrasi bukan untuk mengembalikan kemampuan baterai yang memang sudah usang ke kondisi normal, melainkan untuk mengembalikan indikator sensor yang salah dengan kemampuan asli baterai.
Biasanya sering terjadi pada laptop-laptop sekarang,misalnya daya batrai di monitor menunjukan 1,5 jam pemakaian sebelum off, tetapi setelah laptop dimainkan kurang dalam sekitar 1 jam saja batrai laptop sudah habis.

Mungkin anda tidak mengetahui atau tidak memperhatikan perawatan baterai laptop anda, menggunakan dengan cara asal-asalan untuk memenuhi kebutuhan anda. Dengan berbagai kesalahan ringan yang akibatnya kondisi baterai anda akan menurun. Misalnya saja overcharger, memaksakan menggunakan hingga daya baterai hampir habis, tidak menggunakan baterai dalam jangka lama. Jika kondisinya terus demikian, tentu baterai anda tidak akan bertahan lama. Bagaimana apakah anda pernah mengalami kasus seperti ini ? baca juga efek negatif menggunakan laptop tanpa batrai
Jika anda mengalami hal yang seperti ini maka Bagaimana cara melakukan proses kalibrai baterai laptop agar kembali akurat ??Berikut caranya di bawah ini saya menggunakan os windows 7 jika anda menggunakan os windows yang sebelumnya atau versi lebih tinggi tinggal di sesuaikan saja.

Step


  • Hidupkan notebook atau Laptop anda.
  • Charger hingga penuh(100%), setelah indikator menyatakan penuh jangan cabut chargernya biarkan overcharge selama dua jam. selama overcharger anda bisa melakukan aktivitas dengan netbook atau notebook anda.
  • Setelah dua jam overcharger, buka control panel kemudian kemudian buka power options, dan atur seperti gambar dibawah ini.
kalibrasi laptop Anda pilih Create power plan
  • Buat Profil baru dengan nama Calibration seperti di bawah ini :
kalibrasi batrai laptop
  • Selanjutnya  Setting pengaturannya ke Never semua  lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini.
    kalibrasi batrai laptop di indow 7
  • Terakhir pilih Profil Calibration yang barusan anda buat tadi.
profil kalibrasi
  • Kemudian lepaskan charge pada perangkat anda, jangan lakukan aktivitas biarkan laptop anda dalam kondisi idle dengan daya baterai yang terus berkurang hingga hibernate dengan sendirinya.
  • Biarkan laptop anda dalam kondisi hibernate selama delapan jam. Setelah itu charge kembali laptop anda hingga indikator lampu baterai menandakan full(penuh).Dan laptop siap kembali untuk di gunakan

Last note


Jika anda sudah melakuan proses kalibrasi seperti di atas, akurasi baterai anda akan kembali normal. yang perlu anda Ingat! proses ini bukan untuk mengembalikan baterai yang sudah usang ke kondisi normal seperti baru. Sebuah baterai mempunyai umur pakai kemudian kondisi baterai akan mulai melemah sehingga anda perlu mengganti baterai dengan yang baru. saya sarankan anda juga membaca 10 tips penting menggunakan laptop/notebook :c:
Description: Mengatur waktu daya batrai laptop agar akurat (kalibrasi) Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Mengatur waktu daya batrai laptop agar akurat (kalibrasi)
Share this article :

Berikan Komentar :)

KET :
1.Jika ingin menyisipkan Gambar <i rel="image">URL Gambar</i>
2.Jika ingin menyisipkan Kode <i rel="pre">Kode Anda</i>
3.jika ingin menyisipkan ,<b>teks tebal</b> <i>teks miring</i>
Note :
Untuk mengetahui balasan dari saya lewat email silahkan klik subcribe by email di bawah ini .Last NO SPAM Live Link
Konversi kode HTMLEmoticonTop Komentator

Back to Top