Home » , » Mengenal komponen CPU dan fungsinya

Mengenal komponen CPU dan fungsinya



cpu komputerPasti sudah tak asing lagi apabila kita mendengar kata CPU bayangan kita tentunya tertuju kepada komputer,CPU (Central Processing Unit),adalah perangkat terpenting dalam sebuah komputer yg memiliki peranan sebagai pengolah data atau pusat pemrosesan, seperti contoh ketika kita mengetik melalui keyboard, maka keyboard akan mengirim sebuah perintah ke CPU, dan disinilah peranan CPU, ia akan mengolah perintah dari keyboard tersebut dan menampilkannya pada monitor dalam bentuk tulisan yg kita ketik. Tentunya di dalam CPU terdapat berbagai komponen yg saling berhubungan, dan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai Komponen-komponen tersebut dan beserta fungsinya.

Komponen-komponen CPU beserta fungsinya

1. Casing
casing cpu
Casing merupakan bagian terluar dari CPU,yang fungsinya untuk menutupi & melindungi komponen-komponen lain dari kotoran debu, dll. CPU juga memiliki fungsi sebagai dudukan atau tempat berdirinya komponen-komponen lain agar dapat berhubungan dengan kuat.

2. Processor
intel-xeonSedikit ulasan mengenai processor,processor atau bisa di sebut otak dari komputer  adalah sebuah chip kecil yg berfungsi sebagai pemikir atau pemroses semua perintah yg diterima oleh CPU. Semakin tinggi tingkat processor-nya maka sebuah komputer akan semakin cepat juga memproses perintah dari aktifitas yg kita lakukan, dan tentunya harus diimbangi juga dengan komponen-komponen lainnya.

3. RAM
RAM memori
RAM adalah sebuah kartu grafis yg berfungsi untuk menampung data yg telah terproses oleh processor sebelum ditampilkan dari perangkat yg ditujukan. pemilihan ukuran RAM sebaiknya dilihat dari apa fungsi komputer itu nantinya, jika hanya dipergunakan dalam tingkat yg biasa saya rasa ukuran RAM 2giga itu sudah cukup, tetapi jika kita ingin menggunakangunakan komputer itu untuk desain grafis, bermain game berat, atau pun untuk membuka aplikasi-aplikasi yg besar, sebaiknya kita pilih RAM dengan ukuran 4giga atau dengan ukuran yg lebih besar lagi karna semakin besar RAM yg kita gunakan akan semakin bagus juga performa dari komputer kita.

4. VGA
vga card VGA( Video Graphic Editor), ialah sebuah komponen yg berfungsi untuk mengolah data grafis dan menampilkannya ke monitor, contohnya adalah ketika kita bermain game, game dengan ukuran yg besar biasanya akan membutuhkan VGA dengan spesifikasi yg tinggi agar game tersebut dapat berjalan lancar ketika kita mainkan.Apabila VGA kita berukuran kecil inilah yang membuat komputer kita sering macet ketika bermain game.

5. Hardisk
hardisk komputer
Fungsi hardisk yaitu sebagai tempat penyimpanan semua data yg ada di dalam komputer tersebut, seperti data music, videos, picture, dll. Satuan ukuran dalam hardisk adalah byte, dan ukurannya pun bermacam-macam mulai dari 250GB, 500GB, 750GB, 1tera byte/1000 GB, dan lain sebagainya.

6. Power Supply
power supply
Power supply merupakan sebuah komponen yg memiliki fungsi untuk mengalirkan daya listrik menuju komponen-komponen lainnya agar dapat hidup dan bekerja. Power supply juga dibedakan dalam beberapa bentuk ukuran, seperti: 300watt, 380watt, 400watt, 450watt, 600watt. dll.

7. Sound Card
Sound Card komputer Sound Card, dari nama komponen ini sepertiya kita sudah bisa menebak apa tugas dari sound card tersebut. ya..tentu, fungsinya adalah memerima sinyal digital dari komputer dan menjadi gelombang dan menghasilkan sinyal sonic. Jadi semua perintah suara yg ada di komputer kita sound card inilah yg memprosesnya sebelum mengeluarkannya melalui speaker.

8. Optical Disk Drive
cd/dvd driver
Optical Disk Drive atau sering disebut dengan cd/dvd room, merupakan sebuah perangkat yg berfungsi untuk membaca data apa pun yg telah kita masukkan ke dalam cd/dvd. dan beberapa macam tipe dari optical drive adalah: CD ROOM drive, CD-RW drive, DVD-ROOM drive, DVD-RW drive.
9. Motherboard
motherboard pada komputer
Motherboard atau yg sering dipanggil MOBO, adalah sebuah komponen yg sangat penting dalam sebuah CPU, karna fungsinya adalah sebagai papan sirkuit atau sebagai penghubung dari semua komponen yg ada di dalam CPU,agar dapat saling berhubungan dan berkomunikasi. Setiap motherboard memiliki spesifikasi tertentu, seperti berapa maksimal ukuran RAM yg dapat dipasang dalam motherboard tersebut dan processor apa yg mendukung dalam motherboard ini.

Last note

Itu lah fungsi-fungsi dari komponen CPU yg dapat saya bagikan, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi pembelajaran dasar bagi anda yang ingin mencoba untuk merakit sebuah komputer. jika anda ingin membagikan informasi ini kepada teman anda tinggal bagikan di widget share di bawah ini :c:baca artikel mengenai komputer lainnya disini
Referensi : http://komputersehari-hari.blogspot.com/
Description: Mengenal komponen CPU dan fungsinya Rating: 4.5 Reviewer: Fendi Saputra - ItemReviewed: Mengenal komponen CPU dan fungsinya
Share this article :

3 komentar

Anonymous 1 December 2013 at 15:27

3.jika ingin menyisipkan ,gigi besar

Anonymous 1 December 2013 at 15:28

3.jika ingin menyisipkan ,teks tebal teks miring

Addinal dollar 4 June 2015 at 08:55

saya agak bingung, pada umumnya orang mengatakan bahwa casing itu CPUnya. padahal CPU itukan processornya ya gan.

Berikan Komentar :)

KET :
1.Jika ingin menyisipkan Gambar <i rel="image">URL Gambar</i>
2.Jika ingin menyisipkan Kode <i rel="pre">Kode Anda</i>
3.jika ingin menyisipkan ,<b>teks tebal</b> <i>teks miring</i>
Note :
Untuk mengetahui balasan dari saya lewat email silahkan klik subcribe by email di bawah ini .Last NO SPAM Live Link
Konversi kode HTMLEmoticonTop Komentator

Back to Top